DETAIL DOCUMENT
Analisis Pengelolaan Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia (Studi Deskriptif Pada Kelas X MIA (Matematika dan Ilmu Alam)-1 di SMAN 1 Bale Endah)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Bandung
Author
Suparlan, Yulianty Rizky
Subject
Pengelolaan Pembelajaran PAI,Budi Pekerti Berbasis Multimedia 
Datestamp
2015-06-25 08:14:27 
Abstract :
Situasi belajar yang efektif dan kondusif tentunya dapat tergantung pada bagaimana cara guru mengelola dan mengcreate dengan segala inovasi dan kreativitas guru itu sendiri. Pembelajaran PAI berbasis multimedia merupakan sebuah gebrakan baru dalam dunia pendidikan, karena dalam pembelajaran ini guru menjadi lebih interaktif dan siswa lebih responsif. Pemanfaatan multimedia pembelajaran atas pertimbangan di era digital saat ini dunia pendidikan harus mampu bersaing di bidang teknologi, tuntutan kurikulum 2013, agar siswa tidak jenuh, dan menciptakan efektivitas pembelajaran. Dewasa ini banyak siswa telah melek teknologi. Maka, guru harus dapat mengisi peluang tersebut dengan melibatkan multimedia dalam pembelajaran. Maka SMAN 1 Bale Endah adalah salah satu sekolah yang pembelajarannya menggunakan multimedia, yang ditunjuk langsung oleh Dirjen Dikdasmen terutama pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang dapat menggugah ghirah belajar, keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penulis tertarik untuk dapat meneliti lebih dalam mengenai “Analisis Pengelolaan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Multimedia (Studi Deskriptif Pada Kelas X MIA-1 SMAN 1 Bale Endah)” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; (1) mengetahui perencanaan pembelajaran PAI berbasis multimedia. (2) mengetahui pelaksanaan PAI berbasis multimedia. (3) mengetahui penilaian pembelajaran PAI berbasis multimedia. (4) mengetahui persepsi siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multimedia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analitik dengan pendekatan kualitatif dengan mengkuantifikasi hasil data penelitian. Adapun teknik yang digunakan adalan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Populasi dan Sampel penelitian adalah 1 orang guru PAI dan 40 orang siswa kelas X MIA-1. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil penelitian yaitu; (1) Perencanaan yang dilakukan guru berupa Silabus dan RPP, adapun RPP yang dirancang guru berbeda dengan RPP pada umumnya, yaitu dengan mencantumkan langkah-langkah pembelajaran yang mencerminkan penggunaan multimedia, serta multimedia pembelajaran dipersiapkan secara terpisah. (2) Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP di kelas, yaitu dengan menayangkan materi PAI melalui program Macromedia Flash ataupun Power Point, untuk memenuhi aktifitas 5M. (3) Penilaian pembelajaran berbasis multimedia dimulai dari aktivitas pretest dan posttes, aktivitas proses serta penilaian dari tes formatif dan sumatif. Persepsi siswa dari multimedia, sebagian penelitian dari tes formatif dan sumatif. Persepsi siswa dari multimedia sebagian besar siswa setuju jika mereka dapat meresapi nilai-nilai ruhiyah keislaman dalam setiap proses pembelajaran, dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar serta meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat mencapai bahkan melampaui KKM yang ditentukan. 

Institution Info

Universitas Islam Bandung