Institusion
Universitas Islam Bandung
Author
Suparlan, Yulianty Rizky
Subject
Pengelolaan Pembelajaran PAI,Budi Pekerti Berbasis Multimedia
Datestamp
2015-06-25 08:14:27
Abstract :
Situasi belajar yang efektif dan kondusif tentunya dapat tergantung pada
bagaimana cara guru mengelola dan mengcreate dengan segala inovasi dan
kreativitas guru itu sendiri. Pembelajaran PAI berbasis multimedia merupakan
sebuah gebrakan baru dalam dunia pendidikan, karena dalam pembelajaran ini
guru menjadi lebih interaktif dan siswa lebih responsif.
Pemanfaatan multimedia pembelajaran atas pertimbangan di era digital
saat ini dunia pendidikan harus mampu bersaing di bidang teknologi, tuntutan
kurikulum 2013, agar siswa tidak jenuh, dan menciptakan efektivitas
pembelajaran. Dewasa ini banyak siswa telah melek teknologi. Maka, guru harus
dapat mengisi peluang tersebut dengan melibatkan multimedia dalam
pembelajaran. Maka SMAN 1 Bale Endah adalah salah satu sekolah yang
pembelajarannya menggunakan multimedia, yang ditunjuk langsung oleh Dirjen
Dikdasmen terutama pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang dapat menggugah
ghirah belajar, keaktifan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan
kondisi tersebut, maka penulis tertarik untuk dapat meneliti lebih dalam
mengenai “Analisis Pengelolaan Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti
Berbasis Multimedia (Studi Deskriptif Pada Kelas X MIA-1 SMAN 1 Bale
Endah)â€
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; (1) mengetahui perencanaan
pembelajaran PAI berbasis multimedia. (2) mengetahui pelaksanaan PAI
berbasis multimedia. (3) mengetahui penilaian pembelajaran PAI berbasis
multimedia. (4) mengetahui persepsi siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran
PAI berbasis multimedia.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif
Analitik dengan pendekatan kualitatif dengan mengkuantifikasi hasil data
penelitian. Adapun teknik yang digunakan adalan observasi, wawancara, angket,
dan studi dokumentasi. Populasi dan Sampel penelitian adalah 1 orang guru PAI
dan 40 orang siswa kelas X MIA-1.
Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil penelitian yaitu; (1)
Perencanaan yang dilakukan guru berupa Silabus dan RPP, adapun RPP yang
dirancang guru berbeda dengan RPP pada umumnya, yaitu dengan
mencantumkan langkah-langkah pembelajaran yang mencerminkan penggunaan
multimedia, serta multimedia pembelajaran dipersiapkan secara terpisah. (2)
Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP di kelas, yaitu
dengan menayangkan materi PAI melalui program Macromedia Flash ataupun
Power Point, untuk memenuhi aktifitas 5M. (3) Penilaian pembelajaran berbasis
multimedia dimulai dari aktivitas pretest dan posttes, aktivitas proses serta
penilaian dari tes formatif dan sumatif. Persepsi siswa dari multimedia, sebagian penelitian dari tes formatif dan sumatif. Persepsi siswa dari multimedia sebagian besar siswa setuju jika mereka dapat meresapi nilai-nilai ruhiyah keislaman dalam setiap proses pembelajaran, dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi
belajar serta meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat mencapai bahkan melampaui KKM yang ditentukan.