Institusion
Universitas Islam Bandung
Author
Randy Saputra, Mahendra
Subject
ILM, Iklan, Komunikasi Masa, Penyiaran, Handphone
Datestamp
2015-07-07 08:17:44
Abstract :
Iklan merupakan sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi,
terutama berkaitan dengan produk atau informasi lain yang membutuhkan
perhatian publik. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) di radio merupakan salah satu
bentuk komunikasi massa, dimana sebuah lembaga bertujuan untuk
menyampaikan pesan atau isu sosial yang terjadi di masyarakat sambil
menghimbau agar mengentikan perilaku sosial yang keliru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan data kualitatif, yaitu metode yang melukiskan fakta secara sistematis,
fakta atau karekteristik populasi tertentu atau bidang tertentu sacara factual dan
cermat. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji
hipotesis atau membuat prediksi. Dalam penelitian ini, penulis hanya memaparkan
secara faktual mengenai perancangan, pelaksanaan penyiaran, dan daya tarik ILM
diatas.
Adapun perancangan ILM “Stop Gunakan Handphone Sambil
Berkendara†menjadi tanggung jawab Pemimpin Redaksi PRFM dan semua
konten ILM dirancang oleh Redaktur Pelaksana PRFM. Proses perancangan,
pelaksanaan penyiaran, dan daya tarik ILM tersebut diuraikan secara rinci agar
menjadi penjelasan yang cermat dan sistematis melalui data yang diperoleh
melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dan diakhiri dengan melakukan
triangulasi data kepada 5 informasn untuk menegaskan keabsahan data yang
sebelumnya sudah diperoleh.
Perancangan yang dilatarbelakangi oleh data atau fakta yang ilmiah
tentang tingginya kecelakaan lalu lintas akibat penggunaan handphone sambil
berkendara, penyiaran ILM yang dilakukan setiap hari dan daya tarik pesan
keselamatan dalam ILM tersebut menjadi dasar penarikan kesimpulan penulis
terhadap PRFM sebagai subyek penelitian.