DETAIL DOCUMENT
Studi Deskriptif Mengenai Self- Efficacy Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa SMAN “X” Bandung Kelulusan Tahun 2013 Yang Membeli Kunci Jawaban Ujian Nasional
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Bandung
Author
Triana, Elin
Subject
Self-efficacy, Ujian Nasional, Kunci Jawaban UN 
Datestamp
2015-08-05 02:34:28 
Abstract :
ELIN TRIANA (10050008165). Deskriptif Mengenai Self-Efficacy dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa SMA N “X” Bandung Kelulusan Tahun 2013 yang Membeli Kunci Jawaban Ujian Nasional Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Maraknya praktek jual beli kunci jawaban Ujian Nasional yang terungkap merupakan suatu fenomena yang menunjukkan kurangnya kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan siswa dalam menghadapi UN adalah self-efficacy. Self-efficacy adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya untuk untuk mengorganisasi, melakukan suatu tugas, mencapai suatu tujuan, menghasilkan sesuatu dan mengimplementasi tindakan untuk menampilkan kecakapan tertentu. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif dengan menggunakan metode distribusi frekuensi untuk menggambarkan derajat self-efficacy pada siswa SMA N “X” Bandung kelulusan tahun 2013 yang memutuskan membeli kunci jawaban UN. Alat ukur penelitian ini menggunakan skala self-eficacy, yaitu skala yang terdiri dari dimensi level, strenght, dan dimensi keluasan, yang disusun berdasarkan teori Bandura (1997). Nilai reliabilitas skala self-efficacy sebesar 0,955 terdiri dari 51 item. Hasil penelitian menggambarkan 96,6% siswa memiliki Self-Efficacy rendah, sedangkan 3,33% memiliki Self-Efficacy tinggi. Analisis deskriptif yang digunakan dengan menghitung persentase total skor untuk tiap dimensi. Berdasarkan hasil perhitungan derajat self-efficacy siswa SMA N “X” Bandung yang membeli kunci jawaban UN didapatkan hasil perhitungan yang rendah hampir di semua dimensi. Hasil perhitungan modus pada masing-masing dimensi adalah, 86,6% siswa menunjukkan level Self-Efficacy rendah , 86,6% siswa menunjukkan strengh, Self-Efficacy rendah, dan 96,6% siswa mnunjukkan generality Self-Efficacy rendah. 

Institution Info

Universitas Islam Bandung