DETAIL DOCUMENT
Determinan Pengeluaran Konsumsi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Rumah Tangga di Indonesia Berdasarkan Data SUSENAS 2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Padjadjaran
Author
Arif, Lukman
Subject
 
Datestamp
2021-11-23 00:00:00 
Abstract :
Pengeluaran konsumsi rumah tangga untuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan salah satu instrumen penting yang menentukan pertumbuhan ekonomi baik dari sisi ekonomi mikro ataupun secara makro. Selain itu, pengeluaran konsumsi rumah tangga untuk TIK dapat menjadi proxy atas penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dalam era digital pada saat ini menjadi mutlak bagi suatu negara agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Pengeluaran konsumsi rumah tangga untuk TIK akan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor ekonomi, non-ekonomi, geografi dan karakteristik penggunaan TIK dalam rumah tangga. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga untuk TIK di Indonesia, pengeluaran internet dan pengaruhnya dalam kelompok pendapatan perkapita rumah tangga yang berbeda. Dengan menggunakan sample rumah tangga dan individu dalam Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2015, dilakukan analisis terhadap beberapa variabel yang dapat mewakili faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga untuk TIK. Dengan menggunakan teknik regressi OLS (Ordinary Least Square) robust standard error, variabel bebas berupa pengeluaran rumah tangga untuk TIK dipengaruhi secara signifikan oleh variabel-variabel bebas berupa pendapatan rumah tangga, tingkat pendidikan kepala rumah tangga, jenis kelamin kepala rumah tangga, jumlah anak yang bersekolah, status bekerja, bidang dan sektor pekerjaan kepala rumah tangga. Faktor demografi seperti lokasi rumah tangga di desa/kota dan regional Pulau Jawa&Bali serta faktor karakteristik penggunaan TIK dalam rumah tangga seperti kepemilikan telepon rumah, jumlah anggota rumah tangga yang menggunakan internet, dan jumlah nomor HPaktif dalam rumah tangga juga secara signifikan mempengaruhi pengeluaran konsumsi rumah tangga untuk TIK. Kata kunci : konsumsi, rumah tangga, TIK, OLS. 

Institution Info

Universitas Padjadjaran