DETAIL DOCUMENT
Manajemen Pengetahuan dan Kompetensi Digital sebagai Penentu Kapabilitas Inovasi (Survei Karyawan Level Corporate pada PT. Telkom Indonesia)
Total View This Week8
Institusion
Universitas Padjadjaran
Author
Pratamasari, Sendy Desianti
Subject
 
Datestamp
2021-11-23 00:00:00 
Abstract :
PT. Telkom Indonesia Tbk, TELKOM adalah Suatu Badan Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa Telekomunikasi. Perusahaan menyediakan sarana dan jasa layanan Telekomunikasi dan informasi kepada masyarakat luas sampai kepelosok daerah di seluruh Indonesia. Dan menjadi perusahan Telekomunikasi nomor satu tidaklah mudah, diperlukannya inovasi baru dalam mengikuti perkembangan bisnis saat ini. Telkom menyadari hanya melalui inovasi perusahaan dapat berkembang, suatu organisasi tidak memiliki kapabilitas dalam melakukan inovasi, maka perusahaan tersebut beresiko untuk tertinggal dari perusahaan lain. Inovasi suatu perusahaan sendiri muncul akibat adanya dorongan yang berasal dari kapabilitas atau orientasi inovasi di dalam anggota organisasi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen pengetahaun dan kompetensi digital sebagai penentu kapabilitas inovasi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif. Survei yang dilakukan terhadap 282 karyawan Level Corporate di PT. Telkom Indonesia Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara manajemen pengetahaun dan kompetensi digital terhadap kapabilitas inovasi. Dan adanya pengaruh manajemen pengetahuan terhadap kompetensi digital. Berdasarkan hasil tersebut, manajemen pengetahuan memiliki pengaruh kuat terhadap kapabilitas inovasi sebesar 49,2% dibandingkan kompetensi digital terhadap kapabilitas inovasi sebesar 40,2%. Sedangkan pengaruh menejemen pengetahuan terhadap kompetensi digital sebesar 31,1%. 

Institution Info

Universitas Padjadjaran