Abstract :
Hindina Maulida., 210120130503. Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pengalaman Komunikasi Penulis Novel Best Seller, sebuah Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Profesi Penulis dan Karya Tulis Melalui Pengalaman Komunikasi Penulis Novel Best Seller†dengan pembimbing Dr. Hj. Hanny Hafiar, S.Sos., M.Si, selaku ketua komisi pembimbing dan Drs. Dian Wardiana, M.Si, selaku anggota komisi pembimbing Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami konstruksi makna profesi penulis dan karya tulis yang dihasilkan oleh penulis novel best seller serta pengalaman komunikasi mereka dengan lingkungannya sehingga menghasilkan karya best seller. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi kepada 8 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penulis novel best seller memaknai penulis sebagai Profesi Mata Pencaharian, Aktualisasi diri, Passion, Inspirator dan Motivator, dan Media Terapi, 2) Karya tulis dimaknai oleh penulis novel best seller sebagai barang berharga, potret zaman, masa lalu, dan sumber pencerah, 3) Pengalaman komunikasi yang diperoleh penulis novel best seller dengan lingkungan dalam proses menghasilkan karya best seller meliputi pengalaman komunikasi positif dan negatif dari keluarga,rekan sesama penulis, pembaca dan penerbit, 4) Status penulis novel best seller menghasilkan makna baru bagi diri penulis baik berupa status sosial maupun status ekonomi Kata kunci: pengalaman komunikasi, makna, karya, penulis novel, best seller