DETAIL DOCUMENT
PROSES MARKETING PROYEK PERENCANAAN PEMBANGUNAN RUMAH TINGGAL DIREKSI PADA BANK BJB DI PT ZIEBAR BANDUNG
Total View This Week10
Institusion
Universitas Padjadjaran
Author
Martakusumah, Rd Giri Pranata
Subject
 
Datestamp
2021-11-23 00:00:00 
Abstract :
Perusahaan jasa merupakan perusahaan kreatif yang sedang menjamur di indonesia namun demikian, perusahaan tipe ini juga sangat rentan untuk dapat survive di dunia bisnis. Selain faktor persaingan yang sangat tinggi, perusahaan jasa pun tidak memiliki patokan harga yang dilegalkan secara hukum tidak seperti perusahaan yang mengeluarkan produk disis lain, indonesia merupakan sebuah negara berkembang dimana pembangunan masih sangat digalakan, terutama rumah tinggal, perumahan dan pemukiman. Konsultan arsitektur merupakan sebuah perusahaan jasa yang berperan strategis yang dapat mengembangkan bidang perumahan dan pemukiman di indonesia. Makin maraknya konsultan arsitektur menjadikan setiap konsultan harus bersaing ketat dengan konsultan lainya untuk mendapatkan proyek. Dalam waktu yang relativ singkat PT ZIEBAR bandung menjadi sebuah konsultan arsitektur yang dinilai berhasil dan mampu bersaing dengan konsultan konsultan arsitektur yang lainya di indonesia. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui faktor faktor pemasaran yang diterapkan di PT ZIEBAR Bandung sehingga mampu menghasilkan banyak proyek, hambatan yang terjadi ketika proses pemasaran, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan penulis dalam penulisan laporan tugas akhir menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan hasil praktik kerja lapangan. Pengumpulan data dengan melakukan studi lapangan, observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan analisis data. Bisnis selalu dikaitkan dengan profit dan benefit yang artinya, segala sesuatu yang yang berkaitan dengan bisnis dapat dilakukan dengan adanya upaya membantu dan saling menguntungkan, juga menghasilkan sebuah manfaat bagi mereka yang membutuhkan barang atau jasa tersebut. Namun, pada sebuah perusahaan tentu selalu ada hambatan dalam sistem bekerjanya, yaitu kurangnya pengetahuan SDM pada bidang tersebut kurangnya pemahaman konsumen terhadap jasa arsitektur, tidak adanya perundang-undangan mengenai profesi sebagai arsitek bangunan. Namun, hambatan-hambatan tersebut tentunya memiliki solusi yang tidak merugikan pihak manapun. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis pada PT ZIEBAR Bandung, penulis dapat menyimpulkan bahwa proses marketing yang dilakukan oleh PT ZIEBAR Bandung cukup baik, karena pada saat melakukan pemasaran terhadap konsumen atau calon konsumen, marketing menyediakan waktu di luar jam kerja, sehingga ini menjadi salah satu benefit yang dapat menguntungkan konsumen. Penulis merekomendasikan bahwa di PT ZIEBAR Bandung ini perlu adanya penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten agar pelaksanaan kerja dapat diselesaikan dengan maksimal tanpa adanya kendala yang tidak dapat diselesaikan oleh perusahaan itu sendiri 

Institution Info

Universitas Padjadjaran