DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KOMUNIKASI VERTIKAL OLEH MANAJER PELAYANAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA UNIT PELAYANAN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP II BANDUNG
Total View This Week7
Institusion
Universitas Padjadjaran
Author
Putri, Devi Nurhayati Ade
Subject
 
Datestamp
2021-11-23 00:00:00 
Abstract :
ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Komunikasi Vertikal Oleh Manajer Pelayanan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Unit Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung”. Latar belakang penulisan skripsi ini didasarkan pada observasi awal yang mengindikasikan efektivitas kerja pegawai pada Unit Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung masih belum efektif. Hal ini ditunjukan dengan masih kurangnya hasil kerja pegawai yang tidak sesuai dengan mutu pekerjaan dan keterlambatan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Penulis menduga hal tersebut terjadi karena belum optimalnya pelaksanaan komunikasi vertikal di Unit Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Komunikasi Vertikal Oleh Manajer Pelayanan Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Unit Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung yang diukur melalui strategi komunikasi yang efektif yang dikemukakan oleh Anwar Arrifin yang terdiri dari empat dimensi yaitu mengenal komunikan, menyusun pesan, menetapkan metode serta yang terakhir adalah seleksi dan penggunaan media. Sedangkan untuk mengukur tingkat efektivitas kerja pegawai, menggunakan dimensi yang dikemukakan oleh Agus Dharma yaitu kuantitas, kualitas dan ketepatan waktu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanasi. Dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara, dan angket). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus dengan jumlah responden 27 orang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi vertikal terhadap efektifitas kerja pegawai, penulis menggunakan Koefisian Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi vertikal yang dilakukan oleh manajer pelayanan berada pada kategori baik dimana tingkat komunikasi yang dilakukan manajer pelayanan terhadap pegawainya sudah dikatakan cukup baik berdasarkan dimesi komunikasi vertikal. Efektivitas kerja pegawai pada Unit Pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan sebelumnya, penulis mengambil kesimpulan bahwa komunikasi vertikal memberikan pengaruh yang kuat terhadap efektivitas kerja pegawai PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop II Bandung. 

Institution Info

Universitas Padjadjaran