Abstract :
ABSTRAK
Vivien FebriAstuti., 210120120038. Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pola Komunikasi Pada Wanita Karir Berkeluarga, sebuah Studi Fenomenologi Pada Wanita Karir Berkeluarga yang Bekerja di Bidang Marketing Perbankan Kota Bogor†dengan pembimbing Dr. Atwar Bajari, M.Si, selaku ketua komisi pembimbing dan Dr.Hj. Ninis Agustini, D., M.Lib, selaku anggota komisi pembimbing.
Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami pola komunikasi keluarga para wanita karir yang bekerja di bidang marketing perbankan, motif menjadi wanita karir dan makna pekerjaan, komunikasi suami-istri, ibu-anak. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan studi fenomenologi. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen pada 6 narasumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian bahwa pertama makna karier bagi wanita karier dalam penelitian ini adalah semua menyatakan bahwa keluarga lebih penting dari pada karier, namun mereka tetap menginginkan keduanya saling mendukung. Kedua, terdapat enam macam motif yang disadari yang berasal dari dalam diri para wanita karier yang menyebabkan mereka berjuang meniti kariernya yaitu membantu perekonomian keluarga, mengaplikasikan ilmu yang dimiliki, Sosialisasi, memiliki penghasilan sendiri, aktualisasi diri, memberikan nilai dan manfaat dalam hidup serta menjadi teladan bagi anak. Ketiga, para wanita karier ini masih tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga dengan cara memanfaatkan waktu yang ada, penggunaan media/ sarana komunikasi seperti mobile phone cukup membantu untuk berkomunikasi dengan suami maupun anaknya selain komunikasi tatap muka yang ada. Makna komunikasi para wanita karier dengan suaminya adalah sebagai bentuk nyata dari rasa sayang, kepedulian, dan rasa cinta serta sebagai cara untuk menjaga kedekatan atau keakraban dengan suami dan keutuhan perkawinan.
Kata kunci: Pola Komunikasi, Wanita Karir, Makna, Motif