Abstract :
Detya Wiryany, 210120150022. Tesis 2017. Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran PT.Kelaskita Edukasi Sebagai Startup Indonesia,, Studi Kasus Komunikasi Pemasaran Internet Pada Website www.kelaskita.com dalam Memasarkan PlatformKelaskita-Belajar Onlineâ€, pembimbing Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si selaku ketua tim pembimbing dan Dr. Hanny Hafiar, M.Si selaku anggota tim pembimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui bagaimana promosi yang dilakukan Kelaskita dalam pemasaran melalui media website.; (2) Mengetahui mengapa Kelaskita melakukan promosi dalam media website. (3); Mengetahui bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan keunggulan Kelaskita dalam komunikasi pemasaran. Pada penelitian ini menggunakan landasan konseptual dari komunikasi pemasaran dan pemasaran internet. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Promosi yang dilakukan Kelaskita dalam website terbilang efektif karena memenuhi aspek pemasaran 4p di dalamnya, di tambah dengan strategi tambahan yang digunakan yaitu media sosial, email campaign, dan pushnotification. Kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat dilihat Kelaskita sebagai peluang, dan segmentasi yang dibidik yaitu pelajar yang akan menghadapi ujian nasional, dengan target sasaran pelajar, dan positioning produk platform aplikasi dimana hal tersebut memiliki potensi yang besar di Indonesia. Adapun pandangan startup yang di temui oleh peneliti adalah pross merintis dan grow up merupakan strategi atau cara untuk terus berkembang selain membuat inovasi secara berkala dan konsisten dalam melakukan kegiatan promocampaign.