DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Budaya Organisasi, Good Corporate Governance dan Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Fraud
Total View This Week4
Institusion
Universitas Padjadjaran
Author
Rustandy, Teddy
Subject
 
Datestamp
2021-11-23 00:00:00 
Abstract :
PT Pos Indonesia (Persero) adalah salah satu dari sekian perusahaan BUMN yang mengalami berbagai kasus fraud. Kasus fraud yang terjadi di perusahaan tersebut, telah menyebabkan kerugian keuangan perusahaan yang tidak kecil dan kerugian keuangan negara tentunya. PT Pos Indonesia (Persero) memiliki aset yang besar, dengan tersebar kantornya lebih dari 4.000 hingga pelosok nusantara. Oleh karena itu, diperlukan upaya preventif agar dapat melindungi asetnya dari tindakan fraud. Upaya preventif dapat dilakukan dengan cara memperhatikan budaya perusahaan, memperkuat tata kelola perusahaan dan pengendalian internal. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalahmetode studi kasus dengan pendekatan deskriptifkuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis path. Adapun yang menjadi populasi penelitiannya adalah seluruh kantor pos regional sebanyak 11 kantor dan seluruh kantor pos pemeriksa (Kprk) sebanyak 205 kantor di seluruh Indonesia, sehingga jumlah populasinya adalah sebanyak 216 kantor. Sedangkan metode sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh (sensus), yaitu seluruh anggota populasi ditetapkan menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa budaya organisasi (budaya clan, budaya adhocracy, budaya market, budaya hierarchy), GCG dan pengendalian internal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pencegahan fraud. Budaya adhocracy, budaya hierarchy, GCG dan pengendalian internal secara parsial berpengaruh terhadap pencegahan fraud. Sedangkan budaya clan dan budaya market secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pencegahan fraud. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa budaya organisasi, GCG & pengendalian internal berpengaruh positif secara total terhadap pencegahan fraud pada PT Pos Indonesia (Persero) sebesar 84,4%. Kemudian pengaruh secara langsungnya adalah sebesar 58,8 %. Sedangkan pengaruh secara tidak langsungnya adalah sebesar 25,6%. 

Institution Info

Universitas Padjadjaran