DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 046420 SINGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week14
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, NOVA ELYANA BR, 1505030217
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-01-22 03:30:30 
Abstract :
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran course review horay. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 046420 Singa, yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV berjumlah 36 orang, dan objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SD Negeri 046420 Singa Tahun Pelajaran 2018/2019.Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda yang dibatasi pada ranah kognitif C1 dan C2.Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 27,16% dari nilai 59,53% menjadi 75,70%, aktivitas siswa meningkat 23,43% dari nilai 65,35 menjadi 80,70 ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 65, secara klasikal meningkat 29,15% dari 66,67% menjadi 86,11% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 10,82% dari 69,44 menjadi 76,94. 
Institution Info

Universitas Quality