DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 043936 MEREK SITUNGGALING TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, GLORYA STEPHANI, 1505030207
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-01-22 04:11:06 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 043936 Merek Situnggaling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 17 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 68, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan presentase 75% dan rata-rata nilai siswa adalah 56. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkat menjadi 79,9% dan observasi aktivitas siswa adalah 88, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan presentase 89% dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 82. 
Institution Info

Universitas Quality