DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD SWASTA MASEHI NO.3 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
SINAGA, RATIH PURWASIH, 1505030308
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-01-28 04:20:05 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD Swasta Masehi No.3 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Swasta Masehi No.3 Kabanjahe. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Swasta Masehi No.3 Kabanjahe yang berjumlah 21 orang siswa dan sebagai objek adalah perbaikan pembelajaran padamata pelajaran IPS. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran example non example pada mata pelajaran IPS Di kelas IV SD Swasta masehi No.3 Kabajahe TahunPelajaran 2018/2019. Pada siklus II, aktivitas guru 81% dan aktivitas siswa 77,5% dengan ketuntasan klasikal 90%, nilai rata-rata 73,8. Dari hasil penlitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteriabaik, hasil belajar siswatuntas secara klasikal, danHasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran example non example pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Swasta Masehi No. 3 Kabanjahe tahun pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality