DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IVSD NEGERI 040469 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
MILALA, VENI VERA BR, 1505030330
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-01-28 04:48:07 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Peninggalan Sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri No 040469 Surbakti Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi guru memperoleh nilai 59,4% dan hasil observasi siswa 66. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 10 orang dari 26 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus I 61,54% siswa yang tuntas dan 38,46% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 67,69%. Karena siklus I pelaksanaan pembelajaran masih berkategori cukup dan hasil belajar belum tuntas secara klasikal. Maka dilaksanakan perbaikan ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus II untuk observasi guru memperoleh nilai 76,6% dan hasil observasi siswa 86. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 2 orang dari 26 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus II 87,69% siswa yang tuntas dan 7,69% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II 87,69%. hasil belajar siswa sudah meningkat dan tuntas secara klasikal, oleh karena itu tidak perlu melakukan tindakan pada siklus selanjutnya. 
Institution Info

Universitas Quality