DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG (PU-PR) KABUPATEN KARO
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, AWEN IDAMANTA, 1502020028
Subject
658.409.2 Leadership 
Datestamp
2020-02-07 03:10:14 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor kepemimpinan dan komunikasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai kantor Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PU-PR) Kabupaten Karo? Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pegawai kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kabupaten Karo berjumlah 84 orang dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Instrumen yang disusun kemudian diuji validitas menggunakan rumus productmoment dan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Analisis menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi berganda yang sebelumnya telah diuji terlebih dahulu dengan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan adalah Y = -0,196+ 0,378 X1 + 0.666 X2+ e. Uji keberartian persamaan regresi menggunakan uji F, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung =105,446dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh kepemimpinan dan komunikasi terhadap kepuasan kerja secara simultan adalah 72,3%. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian adalah terdapat pengaruh kepemimpinan dan komunikasi terhadap kepuasan kerja secara simultan sedangkan secara parsial semua variable berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya instansi tetap menggali potensi pegawainya dan membenahi standar kinerja. 
Institution Info

Universitas Quality