DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 PARBULUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week10
Institusion
Universitas Quality
Author
SILALAHI, LENDIA NORCEVEN, 1505010033
Subject
512 Algebra 
Datestamp
2020-02-08 03:42:02 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan turunan fungsi aljabar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan turunan fungsi aljabar dengan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa pada materi turunan fungsi aljabar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Parbuluan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan atas pertimbangan bahwa siswa masih sulit pada materi turunan fungsi aljabar. Jenis penelitian ini quasi eksperimen.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA sebanyak empat kelas dengan jumlah siswa 128 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 orang. Alat pengumpulan data yaitu tes yang dibatasi dalam ranah pemahaman atau C2.Sebelum tes digunakan terlebih dahulu tes divalidasi oleh validator. 
Institution Info

Universitas Quality