Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan sinus dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan sinus dengan pembelajaran konvensioanal, dan untuk mengetahui mana yang lebih baik kemampuan siswa menentukan unsur-unsur segitiga menggunakan aturan sinus dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw daripada kemampuan sisiwa dengan pembelajaran konvensional di kelas X MIA SMA Negeri 1 Parbuluan tahun pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini quasi eskperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 4 kelas dengan jumlah 139 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes berupa uraian yang sudah divalidasi oleh validator.