DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN TURUNAN FUNGSI ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, FLORA RIA BR, 1505010023
Subject
512 Algebra 
Datestamp
2020-02-10 03:05:39 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), pembelajaran konvensional serta mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa setelah dilaksanakannya perbaikan pembelajaran dalam turunan fungsi aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan instrumen penelitian adalah tes berbentuk uraian sebanyak tiga soal yang telah divalidasi oleh validator. Bentuk desain yang digunakan adalah Control group pretest-posttest design. Sampel penelitian ditentukan dengan cara simple random sampling sehingga diperoleh 2 kelas menjadi sampel yaitu kelas XI MIA-2 dengan jumlah siswa 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-3 dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan siswa dalam menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) kelas eksperimen mendapat predikat baik dan kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional kelas kontrol mendapat predikat cukup sehingga kemampuan siswa menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensionaldi kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bahorok Tahun Pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality