DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN IDENTITAS TRIGONOMETRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS X SMA NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week16
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, WINDY EKA PERDANA SILVIA BR, 1505010014
Subject
516 Geometry 
Datestamp
2020-02-10 03:16:20 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menentukan identitas trigonometri dengan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pembelajaran konvensional serta mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa setelah dilaksanakannya perbaikan pembelajaran dalam identitas trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan instrumen penelitian adalah tes berbentuk uraian sebanyak tiga soal yang telah divalidasi oleh validator.bentuk desain yang digunakan adalah Control group pretest-posttest design.Sampel penelitian ditentukan dengan cara simple random sampling sehingga diperoleh 2 kelas menjadi sampel yaitu kelas X MIA-3 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-4 dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan siswa dalam menentukan identitas trigonometri dengan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mendapat predikat baikdan kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional mendapat predikat cukup sehingga kemampuan siswa dalamdalammenentukan identititas trigonometri dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawlebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensionaldi kelas X MIA SMA Negeri 1 Bahorok Tahun Pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality