DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PHAIR SHARE DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 TIGABINANGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week31
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, GELORIA EMENINTA BR, 1505010016
Subject
516 Geometry 
Datestamp
2020-02-10 03:44:25 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku menggunakan model pembelajaran koopratif tipe Think Phair Share dan model pembelajaran konvensional dalam menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Tigabinanga. Populasi penelitian siswa kelas X MIPA sebanyak 5 kelas dengan jumlah 161 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan cara acak tanpa adanya kelas unggulan sehingga di peroleh sampel di kelas X MIPA-4 dan X MIPA-5 dengan masing-masing kelas berjumlah 32 dan 30 siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dan instrumen penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak tiga soal yang divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan nilai rata-rata 72,88 kemampuan siswa pada perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku menggunakan model pembelajaran koopratif tipe Think Phair Share dan nilai rata-rata 63,30 dengan menggunakan pembelajaran konvensional, serta kemampuan siswa menentukan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku menggunakan model pembelajaran koopratif tipe Think Phair Share lebih baik dengan pembelajaran konvensional. 
Institution Info

Universitas Quality