DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 040577 KUTA GERAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week9
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, KARUNIA BR, 1505030022
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-02-10 08:04:35 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di Kelas V SD Negeri 040577 Kuta Gerat Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang siswa (12 laki-laki dan 12 perempuan) dan objek penggunaaan metode eksperimen dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada aspek aktivitas guru 60% berkriteria cukup; aspek aktivitas siswa mendapat nilai 68 berkriteria cukup; nilai rata-rata 71,87; ketuntasan belajar secara individu yaitu 18 siswa tuntas dan 6 siswa tidak tuntas, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 75%. Berdasarkan hasil penelitian siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru 80% berkriteria baik; hasil observasi aktivitas siswa mendapat nilai 88 berkriteria baik; nilai rata-rata 80,20; ketuntasan belajar secara individu yaitu 21 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas; sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 87,5%. 
Institution Info

Universitas Quality