DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN PPKn MATERI MAKNA SIMBOL DAN NILAI SILA-SILA PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI 040577 KUTA GERAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, GITA ANJELINA BR, 1505030015
Subject
323.6 Citizenship 
Datestamp
2020-02-10 08:10:39 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar sisw melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PPKn materi makna simbol dan nilai sila-sila Pancasila di kelas IV SD Negeri 040577 Kuta Gerat Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 34 orang (12 laki-laki dan 13 perempuan) dan Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil observasi guru 58 % dan hasil observasi siswa 64 dan ketuntasan klasikal 76%. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkategori baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 78% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 86 serta siswa yang tuntas secara individu 22 orang, secara klasikal 88% dan rata-rata 86,5. 
Institution Info

Universitas Quality