DETAIL DOCUMENT
MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week23
Institusion
Universitas Quality
Author
BANGUN, RIMA WENSI BR, 1505030321
Subject
323.6 Citizenship 
Datestamp
2020-02-10 09:34:23 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Talking Stick pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Pemerintahan Pusat. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 65, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan presentase 60% dan rata-rata nilai siswa adalah 64. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkat menjadi 80% dan observasi aktivitas siswa adalah 85, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan presentase 87% dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 81. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Talking Stick pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Pemerintahan Pusat. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 65, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan presentase 60% dan rata-rata nilai siswa adalah 64. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkat menjadi 80% dan observasi aktivitas siswa adalah 85, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan presentase 87% dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 81. 
Institution Info

Universitas Quality