DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS SUB TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SD SWASTA MASEHI BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week22
Institusion
Universitas Quality
Author
BARUS, LESTARIA SOPIYANTI BR, 1505030044
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-02-11 04:17:33 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran IPS Sub Tema Jenis-jenis Pekerjaan di kelas IV SD Swasta Masehi Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Masehi Berastagi yang berjumlah 46 orang dan objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Pembelajaran IPS Sub Tema Jenis-Jenis Pekerjaan Di Kelas IV SD Swasta Masehi Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I adalah 59,6% yang masih berkriteria cukup. Dan setelah melakukan perbaikan siklus II adalah 77,8% atau berkriteria baik. Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa siklus I 68 atau kriteria cukup. Dan setelah melakukan perbaikan siklus II yaitu 82 atau berkriteria baik. Ketuntasan klasikal diperoleh dari 46 siswa yang tuntas belajarnya siklus I adalah 35 (76,09%) dan setelah siklus II adalah 40 (87%), sehingga hasil tes belajar tuntas secara klasikal dan nilai rata-rata siswa siklus I adalah 77,82 dan siklus II adalah 88,2 peningkatanya dari siklus I ke siklus II adalah 11,8. 
Institution Info

Universitas Quality