DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 040460 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
TOBING, ERFI BR, 1505030311
Subject
372.4 Reading 
Datestamp
2020-02-11 04:32:28 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model artikulasi paada mataa pelajaran IPS Pokok Bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Kelas V Sd Negeri 040460 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V Sd Negeri 040460 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model artikulasi pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Di Kelas V Sd Negeri 040460 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil pembelajaran Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 20 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 71% dan nilai rata-rata sebesar 73,03. Hasil belajar Siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 78% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa diperoleh 84 dengaan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 24 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal adalah 86% dan nilai rata-rata sebesar 77,32. 
Institution Info

Universitas Quality