DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA KEC. MEDAN JOHOR T.A. 2018/2019
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
VERONIKA, CICI, 1505030062
Subject
372.7 Mathematics for Elementary Education 
Datestamp
2020-02-11 07:42:55 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala Kec. Medan Johor Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala Kec. Medan Johor yang berjumlah 40 siswa dan sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus setelah menggunakan media benda konkret diperoleh nilai rata-rata 80,50 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus setelah menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 72,50. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh dalam penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus kelas IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala kec. Medan johor. 
Institution Info

Universitas Quality