DETAIL DOCUMENT
PENGARUH VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 105401 NAMO LINTING TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week28
Institusion
Universitas Quality
Author
BARUS, ENINTA BR, 1505030213
Subject
372.3 Science for Elementary Education 
Datestamp
2020-02-11 08:26:15 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan variasi mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 105401 Namo Linting Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasional dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 105401 Namo Linting yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan angket variasi mengajar guru (X) dan menggunakan hasil ujian tengah semester untuk mengetahui hasil belajar siswa (Y). teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment dan uji-t. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa variasi mengajar guru tergolong baik dengan skor rata-rata 77,38 dengan standar deviasi sebesar 9,01. Namun, ada juga variasi mengajar guru yang skornya di bawah rata-rata. Hasil belajar IPA siswa tergolong baik dengan nilai terendah adalah 60, sedangkan nilai tertinggi adalah 90, dengan rata-rata 77,42 dan Standar Deviasi 10,53. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai yaitu rhitung > rtabel atau 0,8638 > 0329, dan thitung > ttabel atau 8,04 > 2,0739, adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variasi mengajar guru dan hasil belajar siswa kelas V SDN 105401 Namo Linting Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality