DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 060934 KWALA BEKALA TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week20
Institusion
Universitas Quality
Author
UDINA, ANGGI MAY, 1505030089
Subject
371.8 Students 
Datestamp
2020-02-11 08:33:21 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar di kelas V SD Negeri 060934 Kwala Bekala T.A 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan jenis data kuantitatif. Populasi seluruh siswa kelas V SD Negeri 060934 Kwala Bekala dengan jumlah 46 siswa. Sampel dipilih dengan total sampling sehingga seluruh siswa yang terdapat pada populasi merupakan sampel penelitian (46 siswa). Istrumen penelitian menggunakan angket kemandirian belajar siswa dan data prestasi belajar di peroleh dari dokumen nilai Ujian Tengah Semester genap T.A 2018/2019. Berdasarkan hasil uji coba instrumen kemandirian belajar siswa, dari 30 item pernyataan diperoleh 22 item yang valid dengan tingkat reliabilitas 0,91 (tinggi). Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kemandirian belajar siswa (variabel X) sebesar 80,57 berkategori cukup dan rata-rata prestasi belajar siswa (variabel Y) sebesar 57,93 berkategori sedang. Besar indeks diterminasi antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,97643 (97.6%) pada tingkat signifikansi α = 0,05. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen dua faktor diperoleh x^2 = 19,95 > x^2 _((0,95)(8) )= 15,5 dengan demikian H_0 ditolak dan H_1diterima. 
Institution Info

Universitas Quality