DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA DI KELAS V SD NEGERI 040474 TIGA SERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
SILITONGA, BETTY MARIA SYAHPUTRI, 1505030079
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-02-14 02:45:04 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan Menggunakan Metode Diskusi di Kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah di Kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai yang berjumlah 25 orang siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Metode Diskusi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Peristiwa Alam Beserta dampaknya. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrument yang digunakan berupa tes tertulis yang berbentuk pilihan berganda dan lembar observasi. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentase 60% dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 68, sedangkan dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 8 siswa dari 25 siswa dan siswa tidak tuntas yaitu 17 orang siswa, sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 32% dan rata-rata 61,2. Berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 79% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 86, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya 22 siswa dari 25 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 88% dan sedangkan rata-rata 80,4. Dari siklus Idan II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Peristiwa Alam Beserta Dampaknya. 
Institution Info

Universitas Quality