DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, DESI LESTARI BR, 1505030347
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-02-17 09:01:27 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa dan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas IV SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 orang siswa dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajara IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis yang berbentuk pilihan berganda dan lembar kerja. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksaan pembelajaran hasil observasi guru adalah 60 kategori cukup dan observasi aktivitas siswa adalah 64 sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup. Sedangkan tes siklus II dengan adanya perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 78,8% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 84, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajar yaitu 27 siswa dari 30 siswa dan yang tidak tuntas belajarnya 3 siswa dari 30 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 90% dan nilai rata-rata 84 
Institution Info

Universitas Quality