DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 044825 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
PANDIA, RAMAYANA BR, 1505030349
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-02-19 09:08:53 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bagaimana penerapan model pembelajarsan kooperatif picure and picture pada pelajaran IPA pokok bahasan Siklus Air Kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019, bagaimana keaktifan siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan Siklus Air Kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019 , berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajar IPA pokok bahasan Siklus Air Kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019 . Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019. Adapun objek penelitiannya dilakukan di SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif Picture and Picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Siklus Air Kelas V SD Negeri 044825 Berastagi T.P 2018/2019 tergolong baik.Hasil penelitian hasil Observasi Aktivitas Guru Siklus I 60 %,sedangkan hasil Observasi Aktivitas Siswa Siklus I 68%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa persentasi tingkat keberhasilan aktivitas Guru dan siswa masih dalam kategori Cukup.Dan ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus II 63,33%,sedangkan ketuntassan hasil belajar siswa secara klasikal 63,33 %. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model picture and picture hasil Observasi Aktivitas Guru Siklus II 75 %,sedangkan hasil Observasi Aktivitas Siswa Siklus II 82%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa persentasi tingkat keberhasilan aktivitas Guru dan siswa masih dalam kategori Baik .Dan ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus II 86,67 %,sedangkan ketuntassan hasil belajar siswa secara klasikal 86,67 %. 
Institution Info

Universitas Quality