DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PERSOALAN FAKTUAL DI KELAS V SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR T.A 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
HAFNI, FAUZIAH, 1505030155
Subject
411 Writing Systems 
Datestamp
2020-02-24 03:38:23 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran metode debat dan pembelajaran metode konvensional pada materi persoalan faktual. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101804 Gedung Johor pada tanggal 01 April 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101804 Gedung Johor yang berjumlah 54 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh keterampilan berbicara siswa menggunakan pembelajaran metode debat memperoleh rata-rata 78,15 dan pembelajaran metode Konvensional memperoleh rata-rata 73,33. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Keterampilan berbicara pada metode pembelajaran debat lebih baik daripada menggunakan metode konvensional di kelas V SD Negeri 101804 Gedung Johor Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality