DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN SOSIO DRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR T.A 2018/2019
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, LIDIA OKTAVIA BR, 1505030408
Subject
411 Writing Systems 
Datestamp
2020-02-24 03:51:33 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kemampuan Berbicara Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah quasi esperimen. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101804 Gedung Johor pada tanggal 02 april 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101804 Gedung Johor yang berjumlah 46 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas pararel.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan analisis data yang digunakan adalah uji independen antara dua faktor. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh kemampuan berbicara siswa menggunakan metode sosio drama diperoleh nilai rata- rata 78,96, menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata- rata 73,64, dan ada pengaruh yang signifikan penggunaan sosio drama terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 101804 Gedung Johor T.A 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality