DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 068003 PERUMNAS SIMALINGKAR TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week27
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, ROSMALINDA, 1505030246
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-02-24 04:35:21 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa materi cahaya dan sifat-sifatnya pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas V SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar yang berjumlah 55 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explainingdengan alat pengumpulan data yaitu test dalam berupa pilihan berganda. Dari hasil penelitian yang dilalukan pada pelaksanaan Post Test, hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explainingpada mata pelajaran IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di kelas V memperoleh nilai rata-rata 82,59 sedangkan yang menggunakan pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 75,00. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explainingterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 068003 Perumnas Simalingkar Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality