DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL IHSAN T.A 2018/2019
Total View This Week25
Institusion
Universitas Quality
Author
LESTARI, SYAHPUTRI, 1505030088
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-02-24 07:22:21 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA siswa dengan model Number Head Together lebih baik dari pada menggunakan model Make A Match pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperime. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Ihsan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Ihsan yang berjumlah 48 siswa dan dibagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis yang digunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t ). Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya setelah menggunakan model pembelajaran koopereatif tipe Number Head Together di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Ihsan Tahun Ajaran 2018/2019 diperoleh nila rata-rata 86,93 dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Make A Match diperoleh nilai rata-rata 76,93. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together lebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Ihsan Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality