DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TIGANDERKET TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week55
Institusion
Universitas Quality
Author
LESTARI, DEVI AYU, 1405010023
Subject
512 Algebra 
Datestamp
2020-03-03 02:38:20 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih baik kemampuan siswa menyelesaikan masalah program linear dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA sebanyak tiga kelas dengan jumlah 93 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas XI MIPA A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa kelas XI MIPA A sebanyak 28 siswa dan jumlah siswa kelas XI MIPA C sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Instrumen penelitian adalah tes berbentuk uraian yang dibatasi pada soal C_3 sebanyak tiga soal yang telah divalidasi oleh validator. Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan siswa menyelesaikan masalah program linear dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata 83 sedangkan kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 80, dan kemampuan siswa menyelesaikan masalah program linear dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality