DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN GARIS DAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VII SMP MASEHI BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week17
Institusion
Universitas Quality
Author
SURBAKTI, RADA KRISNA BR, 1505010024
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-03-03 04:29:02 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan garis dan sudut dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, pembelajaran konvesional serta mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa setelah dilaksanakannya perbaikan pembelajaran dalam garis dan sudut. Lokasi penelitian di SMP Masehi Berastagi. Populasi penelitian siswa kelas VII sebanyak lima kelas dengan jumlah siswa 193 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan cara simple random sampling sehingga diperoleh sampel di kelas VII-3 dan VII-5 dengan masing-masing kelas berjumlah 39 orang dan 38 orang. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dan instrumen penelitian adalah tes berbentuk uraian sebanyak tiga soal yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan siswa menyelesaikan garis dan sudut dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mendapat predikat baik dan kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional mendapat predikat cukup serta kemampuan siswa menyelesaikan garis dan sudut dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelasVII SMP Masehi Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality