DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PENULISAN GABUNGAN KATA DI KELAS V SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2019/2020
Total View This Week112
Institusion
Universitas Quality
Author
NAINGGOLAN, ELI ESTER, 1605030024
Subject
411 Writing Systems 
Datestamp
2020-03-10 09:03:00 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulisan gabungan kata, kesulitan-kesulitan penulisan gabungan kata dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam penulisan gabungan kata di Kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan instrumen Instrumen tes (digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan-kesulitan penulisan gubungan kata), sedangkan wawancara (digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam penulisan gabungan kata). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 068003 Medan Tuntungan pada minggu ke-IV bulan Nopember 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 068003 Medan Tuntungan berjumlah 58 orang sekaligus sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata seluruh siswa dalam kemampuan penulisan gabungan kata adalah 62,74 dari 58 siswa. Jika dilihat dari hasil tes siswa kesulitan saat penulisan gabungan kata berimbuhan awalan dan akhiran dapat dengan kriteria sangat kurang mampu (93,10%). Kemampuan ini dapat ditunjukan dari hasil tes yang telah dilaksanakan peneliti. Dari hasil tes dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa siswa tidak mengerti karena tidak pernah dipelajari, tidak mengerti konsep penulisan gabungan kata dan guru kurang memperhatikan tulisan siswa. 
Institution Info

Universitas Quality