DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PEMBAGIAN BILANGAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS V SDN 068003 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week16
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, WINDA ELOVANY BR, 1605030055
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-03-10 09:01:04 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika dan mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi pembagian pecahan campuran di kelas V SDN 068003 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Sebagai populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 068003 Medan yang sekaligus sebagai sampel penelitian dengan jumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan wawancara, dan teknik analisis data menggunakan rumus persentase, rata-rata dan kriteria penilaian. Hasil penelitian di SDN 068003 Medan menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa menghitung pembagian pecahan campuran termasuk kriteria rendah. (2) kesulitan belajar matematika siswa adalah kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan dalam pemecahan masalah yang ketiganya termasuk kriteria sedang. (3) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika adalah sikap dalam belajar, motivasi belajar, dan minat belajar matematika yang masing-masing berkriteria sedang. 
Institution Info

Universitas Quality