DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR T.A 2018/2019
Total View This Week18
Institusion
Universitas Quality
Author
TAMBA, MUTIARA, 1505030224
Subject
323.6 Citizenship 
Datestamp
2020-03-04 04:37:46 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan metode Inside Outside Circle lebih baik dari pada mengunakan metode Konvensional pada mata pelajaran PKn materi globalisasi kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067690 Medan Johor. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor yang berjumlah 70 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas pararel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa tes essay dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari hasil penelitian data diperoleh hasil belajar siswa dalam materi globalisasi mengunakan metode pembelajaran Inside Outside Circle memperoleh rata-rata 80,69 dan metode pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata 76,29. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan analisis uji t untuk data kelas IV-A (Inside Outside Circle ) dan kelas IV-B (konvensional) diperoleh nilai thitung = 3,4205 dan tabel =1,997, jadi nilainya thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari kedua data disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam materi globalisasi mengunakan metode Inside Outside Circle lebih baik dari pada mengunakan metode konvensional di Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality