DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN METODE DRTA DAN METODE OK5R PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week23
Institusion
Universitas Quality
Author
ZAI, VIKA TIRZANI, 1505030179
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-03-04 07:54:31 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode pembelajaran DRTA, lebih baik dari pada menggunakan metode pembelajaran OK5R di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas IVA dan kelas IVB, kelas IVA dijadikan kelas DRTA berjumlah 37 siswa sedangkan kelas IVB dijadikan kelas OK5R berjumlah 37 siswa. Jumlah keseluruhan siswa kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani berjumlah 74 siswa. 74 siswa tersebut menjadi sampel pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode pembelajaran DRTA dan OK5R dengan alat pengumpul data yaitu teks bacaan dan test dalam bentuk soal essay sebanyak 10 soal,maka untuk menganalisis data digunakan uji t. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan pre test yaitu seluruh nilai siswa dari kedua kelas dibawah kriteria Kemampuan Efektif Membaca (KEM), sedangkan pelaksanaan post test menggunakan metode pembelajaran DRTA memperoleh nilai yaitu 154,00 dan penggunaan metode pembelajaran OK5R memperoleh nilai 116,37. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa pada pelaksanaan post test dengan menggunakan metode pembelajaran DRTA lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran OK5R dikelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality