Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan berkomunikasi guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 107404 Sambirejo Timur Kec. Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi, populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 orang siswa kelas IV SD Negeri 107404 Sambirejo Timur, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang siswa kelas IV SD Negeri 107404 Sambirejo Timur karena teknik pengambilan sampel merupakan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai MID semester genap Tahun Pelajaran 2019. Pada angket terdapat empat pilihan jawaban dan teknik pemberian skor berdasarkan Skala Likert, yaitu 1-4. Penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana gambaran kemampuan berkomunikasi guru kelas IV SD Negeri 107404 Sambirejo Timur Kec. Percut Sei Tuan, 2) bagaimana gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 107404 Sambirejo Timur Kec. Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Bagaimana hubungan kemampuan berkomunikasi guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 107404 Sambirejo Timur Kec. Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Dari hasil penelitian ini gambaran kemampuan berkomunikasi, berkriteria cukup dengan rata-rata skor 75,22, hasil belajar IPA berkriteria sedang dengan nilai rata-rata 76,09. Dan ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 107404 Sambirejo Timur Tahun Pelajaran 2018/2019.