DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD NEGERI 040550 MARDINGDING KECAMATAN MARDINGDING TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week18
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, LEA ASTRIA BR, 1505030092
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-03-04 08:15:51 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh model pembelajaran Small Group Discussion terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan materi pokok perkembangan teknologi transportasi masa lalu dan masa kini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 040550 Mardingding Kecamatan Mardingding Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 25 orang siswa yaitu kelas IV-A dan IV-B. Analisis data dilakukan dengan perhitungan manual untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan menggunakan pemberian Small Group Discussion diperoleh nilai rata-rata 81,33, menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 79,46, dan ada pengaruh yang signifikan pemberian Small Group Discussionterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi perkembangan teknologi transportasi masa lalu dan masa kini di kelas IV SDN 040550 Mardingding Kecamatan Mardingding Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality