DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.A 2018/2019
Total View This Week18
Institusion
Universitas Quality
Author
MAHULAE, TIOPANTA, 1505030102
Subject
370.19 Sociology Of Education 
Datestamp
2020-03-04 08:20:22 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018 /2019. Penelitian ini dilaksanakann di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019. Pada tanggal 04-16 2019 dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Penelelitian populasi yaitu sebanyak 24 siswa dijaikan sebagai sampel dan instrument yang digunakan untuk mengukur keterlibatan orang tua dalam belajar dengan prestasi belajar berupa angket dan nilai ulanagn harian semester genap . Sampel Penelitian ini yaitu 24 siswa sebagai (sampel total). Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data angket keterlibatan orang tua dalam belajar terhadap perstasi belajar. Pengujian normalitas menggunakan rumus uji lilifors sehingga diperoleh hasil data nilai angket kelas IV 0.1600 dan nilai prestasi belajar 0,1264 Kelas IV dengan kesimpulan data diterima karena kriteria normalitas adalah jika , pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen antara dua untuk data keterlibatan orang tua dalam belajar terhada prestasi belajar belajar diperoleh nilai 10,44 lebih besar dari = 9,49 karena nilai > maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan keterlibatan orang tua daalm belajar terhaadp prestasi belajar ada kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2018/2019 
Institution Info

Universitas Quality