DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 064025 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, NIA EGI O, 1505030273
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-03-04 08:35:44 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064025 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan populasi dan sampel seluruh kelas IV SD Negeri 064025 Medan yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan deskriptif dengan metode kuantitatif. Alat pengumpulan data penelitian dilakukan dengan angket pengelolaan kelas (X) dan menggunakan hasil ujian tengah semester untuk mengetahui hasil belajar siswa (Y), teknik analisis data menggunakan uji Independen Antara Dua Faktor (BK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas tergolong baik dengan skor rata-rata 75,05 dengan Standar Deviasi sebesar 8,94. Hasil belajar siswa tergolong baik dengan nilai terendah adalah 58, sedangkan nilai tertinggi adalah 86, dengan rata-rata 72,55 dan Standar Deviasi 7,93. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai yaitu > atau 10,04 ˃ 9,49. Ada pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064025 Medan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 064025 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality