DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060931 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week14
Institusion
Universitas Quality
Author
TAMBA, LISBET SAFITRI, 1505030264
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-03-05 02:12:03 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan deskriptrif kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan tes. Angket diedarkan kepada 47 sampel dari 47 populasi dengan teknik pengambilannya menggunakan sampel total. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060931 Medan Amplas.Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini sebelumnya peneliti menguji coba angket terlebih dahulu di sekolah lain. Dan pada pengolahan data, peneliti menggunakan rat-rata, simpangan baku, normalitas data dengan uji chi squer, homogenitas varias dan uji independen dua faktor untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian kebiasaan membaca memperoleh rata-rata 68,18 dan Kemampuan memnentukan ide pokok memperoleh rata-rata 55,49. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pemgaruh yang signifikan kebiasaan membaca terhadap kemampuan menentukan ide pokok paragraf siswa kelas V SD Negeri 060931 Medan Amplas Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality