DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, SYARAH FEBRIANTY BR, 1505030232
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-05 02:11:31 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan tani Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani yang berjumlah 53 Siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan Uji Independen Antara Dua Faktor. Dari hasil analisis data diperoleh: Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi cahaya dan sifat-sifatnya setelah menggunakan Metode Eksperimen di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani, diperoleh nilai rata-rata 81,79, Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi cahaya dan sifay-sifatnya setelah menggunakan pembelajaran Konvensional di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani, di peroleh nilai rata-rata 70,00. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan tani Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality