DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD SWASTA MASEHI 03 KABANJAHE T.P 2018/2019
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, SANTA FRANSISKA BR, 1505030160
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-10 04:14:35 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan hasil belajar siswa dengan menggunakanmodel Picture and Picturedalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD Swasta Masehi 03 KabanjaheTahun Pelajaran 2018/2019. Subyek Penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV, yang berjumlah 15 orang siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Tes dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua jam pembelajaran. Hasil penelitian ini terdiri atas Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus pelaksanaan nya sama yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai hasil belajar siswa dengan tes dan menilai pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 11 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II Terdapat 13 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siwa meningkat. Ternyata dengan menggunakan model Picture and Picture siswa lebih mengerti mengerjakakan soal-soal dan meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Dengan demikian pembelajaran IPAdengan menggunakanmodel Picture and Picture pada materi pokok bahasan Daur Hidup Hewan di kelas IV SD Swasta Masehi 03 Kabanjahe dapat meningkatan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Quality