DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101984 KOTARIH PEKAN T.A 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, SRY ARIHTA BR, 1505030176
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-05 08:08:54 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Inside Outside Circles pada materi Energi Panas dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Inside Outside Circles dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101984 Kotarih Pekan yang berjumlah 24 dan 23 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 47 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode pembelajaran Inside Outside Circles dengan alat pengumpulan data yaitu test berupa Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan Pelaksanaan Post Test menggunakan metode pembelajaran Inside Outside Circles memperoleh nilai rata-rata 81.91 dan Post Test dalam menggunakan metode pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 74.78.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran IPA materi Energi Panas di kelas IV SD Negeri 101984 Kotarih Pekan Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality